Perbedaan gejala corona virus atau COVID-19 dan flu biasa

Masyarakat sebaiknya tidak mudah percaya isu dan info hoax yang beredar, karena tidak semua gejala batuk dan pilek saat ini disebabkan oleh virus corona. Jangan khawatir, berikut penjelasan perbedaan gejala flu, dan infeksi virus corona yang perlu kita ketahui.

Dikutip dari webiste sehatq.com Flu biasa dan virus corona atau COVID-19 sebenarnya sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. Akan tetapi, kedua virus ini berasal dari golongan yang berbeda.

Berikut adalah perbedaan gejala coronavirus atau COVID-19 dan flu biasa yang perlu Anda ketahui

Gambar: sehatq.com

Gejala flu biasa

Flu adalah infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan.

Virus penyebab flu biasa berasal dari golongan rhinovirus. Virus ini menyebar dari manusia ke manusia lainnya melalui percikan cairan yang dikeluarkan ke udara oleh penderitanya saat batuk, bersin, atau berbicara.

Anak-anak di bawah usia 6 tahun rentan mengalami flu. Akan tetapi, orang dewasa juga dapat mengalami jenis penyakit ini. Secara umum, gejala flu biasa yang ditimbulkan, antara lain:

  • Hidung berair
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Bersin
  • Demam (jarang)
  • Hidung tersumbat
  • Sakit kepala ringan
  • Badan terasa linu
  • Merasa lemas

Berbagai gejala tersebut biasanya muncul 1-3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit flu. Orang-orang yang berisiko mengalami flu adalah anak-anak di bawah usia 1 tahun serta mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.

Gejala infeksi virus corona COVID-19

Infeksi virus corona atau COVID-19 juga menyerang sistem pernapasan. Tak ayal bila gejala coronavirus terbilang mirip dengan flu biasa.

Virus corona dapat menyerang semua orang dari berbagai rentang usia, baik anak-anak, orang dewasa, ibu hamil atau menyusui, hingga orang lanjut usia (lansia).

Selain itu, orang yang sebelumnya pernah mengalami kondisi medis, seperti asma, diabetes, penyakit jantung, tampaknya lebih rentan untuk menjadi sakit parah akibat virus.

Gejala infeksi virus corona sebenarnya bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. Umumnya, gejala coronavirus dapat muncul 4-10 hari setelah terpapar dari orang yang menderita. Secara umum gejala coronavirus yang utama, antara lain:

  • Demam tinggi
  • Batuk kering
  • Merasa lemas
  • Sesak napas

Gejala-gejala tersebut biasanya tergolong ringan dan dapat muncul secara bertahap.

Penderita COVID-19 juga bisa mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, atau diare. Namun, gejala ini jarang terjadi dan tidak khas pada penderita COVID-19.

Gambar: sehatq.com

Infeksi virus corona baru ini sangat cepat menyebabkan penumonia, sedangkan flu dan selesma sangat jarang menjadi *pneumonia

Dikutif dari halaman halodoc.com, Pneumonia adalah kondisi di mana seseorang mengalami infeksi yang terjadi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru orang tersebut. Infeksi yang ditimbulkan pneumonia bisa terjadi pada salah satu sisi paru-paru maupun keduanya. Kantung udara yang terinfeksi tersebut akan terisi oleh cairan maupun pus (dahak purulen). Infeksi virus, bakteri, ataupun jamur adalah penyebab utama pneumonia. Pneumonia lebih dikenal sebagai paru-paru basah di Indonesia. Penyakit ini bukan hanya dapat menimpa orang dewasa, melainkan juga terjadi pada anak-anak, hingga bayi yang baru lahir.

 


Video Penjelasan lengkap tentang perbedaan ciri-ciri Gejala Virus Corona dengan Influenza dan Flu Biasa!

Baca selengkapnya Tentang Penangan Corona >>>


Sponsored by:

MIZUCO

mizuco murahApa itu Mizuco? Mizuco adalah mineral alkali yang terbuat dari mineral air laut yang diolah menggunakan teknologi Jepang. Mizuco Sudah banyak membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti, kanker, tumor, stroke dan penyakit lainnya (Lihat Testimoni). Menurut Journal of Virology (klik Disini), virus corona tidak bisa bertahan hidup lama dalam tubuh yang memiliki pH 8.0.

Salah satu kemampuan Mizuco adalah memecah molekul lemak jahat yang sering kita temui dimakanan gorengan yang menjadi sumber kolestrol jahat. Silakan tonton video demo minyak goreng bekas yang menyatu dengan air

Mizuco bisa menjadi hand sanitizer, ini mengacu kepada kemampuan mizuco bisa mengancurkan lemak pada video percobaan diatas dan juga mengutip pernyataan dokter Indro Chayono di dialog TV one pada menit ke 4.30;

“Sudah banyak sekali penelitian jurnal yang ada bahwa Glikoprotein akan hancur dengan banyak pelarut lemak mulai dari sabun biasa…”

Maka mizuco bisa dijadikan hand sanitizer. 

Cara membuat Mizuco Hand Sanitizer

Alat dan bahan:

  • 1 Botol Mizuco
  • 1 botol spray 100 ml baru
  •  air mineral/ air minum yang sudah dimasak

Cara membuat:

Masukkan 100 ml air mineral atau air minum kedalam botol Spray kemudian teteskan mizuco sebanyak 10 tetes, lalu tutup botol spray kocok sebentar. Mizuco Hand Sanitizer sudah siap digunakan. Pergunakan Mizuco Hand Sanitizer setiap saat, bisa juga disemprotkan di areal luka karena mizuco berfungsi membantu proses penyembuhan luka. Semprotkan areal wajah jika tanpa sengaja tangan kita menyentuh wajah, diamkan sampai mengering lalu bersihkan menggunaka tisu. Jika sering menggunakan Mizuco Sanitizer pada wajah, kulit wajah akan sehat dan segar karena mizuco memperbaiki sel-sel yang rusak.

1 Tetes Mizuco mampu meningkatkan pH air dengan takaran 1 tetes untuk 600 ml yang kita biasa minum menjadi pH 8.8 keatas, sehingga mampu memperkuat daya tahan tubuh dalam menghadapi Inveksi Virus Corona. Dengan rajin minum mizuco tiap hari, tubuh kita menjadi sehat dan daya tahan tubuh meningkat. 1 botol Mizuco berisi 15 ml (200 tetes), jika dipergunakan setiap hari maka akan habis dalam 3-4 minggu, jadi sangat hemat dan praktis. Untuk harga eceran cuma Rp 250.000/botol belum termasuk ongkos kirim. Hati-hati dengan barang palsu, produk asli cuma di jual oleh member resmi. Jadi dengan rajin konsumsi Mizuco tubuh akan sehat serta sakit lainnya pun bisa disembuhkan. Selengkapnya tentang Mizuco >>>


Link Berita Terkait Virus Corona

Silakan kunjungi website pemerintah di www.covid19.go.id/ untuk mengetahui update sebaran Virus Corona terkini



 

Ayo bantu share ke medsos dan ke teman-teman agar semua bisa tertolong

Silakan Bagikan/share Ke Teman Anda.
WhatsApp Silakan Tanya Kami